Pemerintah sedang menyiapkan aturan penjualan listrik rumah tangga ke PLN melalui solar cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Berapa biaya investasi yang harus dikeluarkan?

“Satu lembar solar cell itu bisa menghasilkan listrik 250 watt,” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM Rida Mulyana, kepada detikFinance, Rabu (6/5/2015).

Rida mengatakan, saat ini harga 1 lembar atau paket solar cell ukuran 30 x 130 cm harga sekitar Rp 3 juta.

“Harganya satu lembar itu sekitar US$ 260 atau sekitar Rp 3 juta, jadi kalau dua lembar kan Rp 6 juta hasil listriknya 500 watt, kalau semua atap rumah dipasang pasti cukup signifikan kan,” kata Rida.

Saat ini, pihaknya sedang merampungkan berapa tarif penjualan listrik dari rumah ke PLN, tujuannya agar masyarakat mau berinvestasi memasang solar cell di atap rumah.

“Tahun ini target kami aturannya keluar, termasuk berapa tarifnya, agar masyarakat mau investasi, mau ganti atapnya dengan solar cell saja. Kita ingin pastikan dengan tarif ini, masyarakat diuntungkan, pemerintah berkurang bebas subsidinya, dan PLN juga untung,” tutup Rida.

 

Sumber: detikcom

Solar Surya Indotama
Solar Surya Indotama
Sebuah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang energi alternatif yaitu energi surya. Tidak hanya bergerak sebagai distributor, tetapi juga merupakan perusahaan yang melakukan EPC (Engineering, Procurement, & Construction).

SSI memasok dan menginstal Solar Surya Photovoltaik (PV) serta membantu semakin banyak orang menemukan manfaat dari sistem panas matahari untuk menghasilkan energi yang bersih dan ramah lingkungan (Green Energy) untuk kebutuhan rumah, kantor dan industri di Indonesia.

Hubungi kami:
Ruko Greenville Blok A No. 1-2
Jl. Green Ville Raya, Duri Kepa.
Jakarta Barat - 11510
Telp: 021 565 6013
HP: 0812 8777 9900
Email: sales@solarsuryaindotama.co.id